Perencanaan
Pendidikan Komprehensif
Perencanaan
pendidikan komprehensif merupakan suatu variasi dalam pendekatan system pada
perencanaan, termasuk system aktivitas total dari pendidikan dan masyarakat
yang mempengaruhi keseluruhan operasi, misalnya antara komunitas dan sekolah. Penekanan terletak pada totalitas dibandingkan dengan bagian
perkomponen.
Perencanaan
memerlukan orientasi yang jelas, dan akibatnya akan berkembang dan meluas ke
daerah yang baru. Dengan mengkoordinasikan system aktivitas, perencanaan itu
diatur dan ditetapkan. Dalam hal ini, perencanaan bisa digolongkan kedalam dua
cabang utama, yaitu perencanaan structural dan perencanaan ruang. Perencanaan
structural berkaitan dengan konsekuensi perilaku dan sosial serta pengembangan
kebijakan yang ada didalamnya perencanaan ruang dapat beroperasi. Perencanaan
ruang berhubungan dengan rencana penggunaan tanah (2D) dan desain lingkungan
lengkap tata ruang (3D).
Karakteristik
dari perencanaan komprehensif, kajian proyektif, fleksibilitas, komitmen waktu,
pertimbangan alternative, faktor-faktor keamanan, fungsi tunggal dan multi
fungsi dan alokasi optimal dari sumber daya yang tersedia. Karena tujuan utama
dari perencanaan komprehensif itu adalah membuat suatu master plan yang memandu dan mengkoordinasikan upaya-upaya
perencanaan, perencanaan komprehensif hendaknya memiliki prosedur evaluative
yang melekat.
Perencanaan
komprehensif memproyeksikan pendekatan suatu system ke masa depan yang
mengaitkan barbagai unsure dengan suatu desain dan menterjemahkan ke dalam
dimensi yang bermanfaat. Dengan monitoring yang terus menerus, perencanaan
komprehensif memungkinkan dilaksanakannya urusan-urusan institusi untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Produktivitas secara kontinu dapat
dioptimalkan dalam hal ini.
Perencanaan
komprehensif memungkinkan perencana pendidikan untuk melibatkan semua segmen
dari sumber daya fisik masyarakat dan sumber daya manusia yang dialokasikan
pada waktu dan ruang tertentu, dan melakukan pengalokasian tersebut dengan cara
yang paling bermanfaat.
Perencanaan
pendidikan komprehensif menunjukan komponen-komponen yang bekerja dalam suatu
system persekolahan secara menyeluruh. Setiap sub perencanaan dalam system itu
memuat beberapa fenomena umum. Saat system itu tumbuh, sub perencanaan yang
baru akan ditambahkan, karena tidak ada batasan yang kaku dalam system
pendidikan, pendidikan itu jelas merupakan suatu system terbuka.
Sub perencanaan dikelompokan menurut
interaksi dengan lingkungan. Setiap sub perencanaan berkaitan dengan
aspek-aspek tertentu dari lingkungan pendidikan. Proses dan hasil dari sub
perencanaan ini memiliki hubungan dengan sub perencanaan lain, dengan lima
dimensi orang, tempat, pergerakan, ekonomi, dan aktivitas yang berlaku sebagai
focus yang berinteraksi.
Pendekatan tersebut memungkinkan adanya suatu system
komunikasi multi dimensi
untuk menggantikan organisasi hirarkis standar yang sekaran masih banyak
digunakan oleh system pendidikan. Dalam hal ini, struktur tersebut sangat bergantung pada proses komunikasi
dan informasi. Dengan berjalannya system ini, diharapkan masalah-masalah yang
terdapat dalam lingkungan tersebut dapat diperbaiki dengan perencanaan
pengembangan pendidikan. Implementasi menghasilkan optimalisasi hasil sekaligus
meminimalkan mis-alokasi sumber daya.
Memang suatu masalah akan berbeda dalam hal besarnya,
sebabny dan pengaruhnya. Kunci untuk memecahkannya adalah mengkomunikasikan
data yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat. Jenis sub perencanaan ini
akan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Hal ini dilakukan dengan menentukan
dan mengarahkan upaya-upaya perencanaan dalam bidang-bidang yang dibutuhkan
dengan menggunakan pendekatan perencanaan yang komprehensif.
mas mau tanya.. ada gk sebenarnya teori pendidikan Komprehensif.. lo ada mohon refrensinya
BalasHapusMau nanya juga ya mas kalok buat contoh nya itu seperti apa ya ??
BalasHapus